Rabu, 17 September 2014

Mengapa Tubuh Lemas Saat Bangun Tidur

Mengapa Tubuh Lemas Saat Bangun Tidur | Ketika Anda bangun, Anda sering merasa lelah dan lemah? Tidak hanya Anda, mungkin banyak orang lain yang mengalaminya. Tubuh lemas karena setelah bangun bisa disebabkan beberapa hal. Waktu istirahat dan tidur harus membuat tubuh segar dan semangat saat bangun di pagi hari. Tapi bisa sebaliknya, pada kenyataannya tubuh sering merasa lemah dan lemas dan mata terasa berat, tubuh kaku yang ingin pergi tidur lagi.
Kegiatan yang dilakukan siang hari atau sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh lemas ketika bangun di pagi hari. Apa kebiasaan yang bisa membuat tubuh lemah? Berikut ini beberapa di antaranya:

jarang olahraga
Manfaat latihan tidak ragu untuk kesehatan. Orang yang rajin berolahraga akan tidur lebih nyenyak dan lebih segar saat bangun di pagi hari. Olahraga juga memainkan peran dalam mengurangi stres dan membantu meningkatkan mood. Olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur termasuk yoga, peregangan atau berolahraga yang meningkatkan denyut jantung. Rajin berolahraga untuk menghindari penyebab kelelahan ketika bangun tidur.

Begadang dengan smartphone
Memainkan smartphone sampai larut malam adalah penyebab pusing dan lemas saat bangun. Dalam dunia sekarang ini banyak orang merasa sulit untuk meninggalkan smartphone hanya untuk berselancar di media sosial seperti Path, Instagram, Twitter atau Facebook. Kegiatan yang tidak terlalu penting seperti memeriksa status teman, update status dan posting gambar terlihat sering membuat pengguna lupa diri sehngga tetap terjaga sampai larut malam. Hal ini tentunya bukan kebiasaan yang baik yang dapat mengurangi kualitas tidur. Sebelum tidur, Anda harus menjaga laptop Anda, ponsel, TV atau gadget lainnya agar tidak mengganggu waktu tidur Anda. Untuk meningkatkan kualitas tidur dan menghindari kelelahan ketika bangun di pagi hari, mandi air hangat sebaiknya atau peregangan sebelum tidur.

Kurang sinar matahari
Pastikan kamar tidur Anda cukup sinar matahari. Jika ruangan kamar terlalu gelap, tubuh akan sulit untuk membedakan antara siang dan malam sehingga lebih sulit untuk bangun di pagi hari. Hindari menggunakan tirai yang menutupi sinar matahari yang masuk ke ruang kamar.

banyak kopi
Apakah terlalu banyak kafein tidak membuat mata tetap terjaga. Minuman berkafein juga dapat menyebabkan mulas atau membakar hati panas. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi minuman makanan atau minuman berkafein dan energi di sore hari sehingga tidur Anda tidak terganggu.

Terlalu banyak masalah
Terlalu banyak masalah yang dihadapi juga dapat menyebabkan insomnia dan membuat tubuh lemah ketika bangun. Jangan membawa masalah yang dihadapi tidur. Ketika akan tidur, menunda semua pikiran tentang masalah pekerjaan, bertengkar dengan kekasih / suami atau liburan Anda berencana bulan depan. Jika masih ada dalam pikiran, maka Anda akan sulit untuk tidur dan membuat kualitas tidur menurun. Jika tidur terlalu dini, hari berikutnya Anda harus bangun untuk bekerja lagi. Ini akan membuat Anda merasa lesu dan lesu saat bangun.

Hindari tubuh lemas dan menyebabkan kelesuan setelah bangun yang telah dijelaskan di atas. Agar lebih segar saat bangun di pagi hari, membaca artikel Tips untuk Fresh Pagi Tanpa kantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar